Tutorial WordPress: Cara Membuat Post Baru di WordPress

Ada dua cara untuk membuat post. Cara yang pertama adalah dengan melakukan klik di ‘New Post’ pada menu atas. Cara yang kedua adalah dengan klik ‘Posts’ yang terdapat di menu samping, lalu klik ‘Add New’. Selanjutnya Anda akan disuguhi halaman seperti di bawah.

Add-New-Post-‹-Blog-Saya-—-

Ada beberapa fitur dasar yang perlu Anda ketahui untuk membuat sebuah post.

Title/Judul:
Berupa kotak panjang yang terletak tepat di bawah tulisan ‘Add New Post’. Fungsi kotak ini adalah untuk mengisi judul. Sebisa mungkin buatlah judul yang membuat pembaca penasaran, namun masih tetap nyambung dengan artikelnya.

title

Post Editing Area/Isi artikel:
Berupa sebuah kotak persegi yang terletak di bawah kotak judul. Ada dua versi penulisan. Yakni versi ‘Visual’ dan versi ‘HTML’. Bila Anda sering menggunakan Microsoft Word, maka Anda akan mudah beradaptasi dengan versi visual. Di sana Anda akan menemukan tombol-tombol untuk mendekorasi teks, seperti cetak tebal, cetak miring, warna teks, dan lain-lain. Selain itu, Anda juga dapat menyisipkan gambar, audio, video dan beberapa tipe file ke dalam artikel. Untuk sementara, sebaiknya Anda menggunakan versi visual. Karena versi HTML membutuhkan pemahaman akan bahasa HTML.

content

Kotak Publish:
Terdapat beberapa fungsi di kotak publish, yakni:

  • Tombol ‘Save Draft‘. Berfungsi untuk menyimpan post sebagai konsep. Post yang Anda buat akan disimpan di database, namun tidak akan ditampilkan kepada pengunjung.
  • Tombol ‘Preview‘. Berfungsi untuk membuka sebuah jendela baru yang akan menampilkan post Anda sebelum dipublikasikan.
  • Status. Ada 3 jenis status, yakni Published, Pending Review dan Draft. Published berarti post telah dipublikasikan dan dapat dibaca oleh pengunjung. Draft berarti artikel akan disimpan di database dan tidak akan ditampilkan kepada pengguna dan pengunjung selain Anda. Sedangkan Pending Review merupakan Draft yang dapat dibaca oleh pengguna lain (selain Anda) yang memiliki kewenangan editor atau admin. Fungsi ini akan berjalan efektif bila blog dikelola oleh lebih dari seorang pengguna.
  • Visibility. Berfungsi untuk menentukan siapa saja yang dapat membaca post yang telah Anda buat. ‘Public‘ berarti semua orang dapat membaca post tersebut. Bila Anda mencontreng ‘Stick this post to the front page‘, atau sering disingkat sticky, berarti post tersebut akan selalu ditampilkan pada urutan pertama di halaman index. ‘Password protected‘ berarti post hanya akan ditampilkan bila pengguna memasukkan password yang telah Anda tentukan. Sedangkan ‘Private‘ berarti post hanya akan ditampilkan kepada Anda dan pengguna lain yang berada di tingkat editor dan admin.
  • Publish Immediately. Berfungsi untuk menentukan kapan post akan dipublikasikan.
  • Delete. Berfungsi untuk menghapus post yang telah Anda buat.
  • Publish. Ingatlah selalu untuk mengklik tombol ini setelah melakukan perubahan. Bila Anda tidak melakukannya, maka perubahan yang telah Anda buat akan hilang dicuri tuyul. Oh ya. Tombol Publish akan berubah menjadi schedule bila Anda merubah isi dari bagian Publish immediately. Hal ini wajar. Anda tidak perlu memanggil Densus 88 untuk menjinakkan komputer Anda.

publish

Categories/kategori:
Berfungsi untuk membagi post yang telah Anda buat ke dalam beberapa kategori. Pengkategorian post akan sangat membantu pengunjung dalam mencari artikel yang mereka sukai. Klik ‘Add New Category’, untuk menambahkan artikel baru. Untuk membuat sub-kategori, Anda dapat menggunakan drop down, lalu pilih kategori induk, lalu klik Add. Sedangkan untuk menambahkan suatu post ke dalam kategori yang telah Anda buat sebelumnya, cukup contreng kategori yang Anda inginkan.

categories

Post Tags:
Merupakan kata kunci dari post yang Anda buat. Ketikkan maksimal 5 kata atau suku kata yang menggambarkan isi post Anda. Pisahkan tiap kata kunci dengan menggunakan koma. Setelah selesai, klik Add.

posttag

-=-=-=-=-=-=-=-=-=-

Fungsi-fungsi di atas sebenarnya sudah cukup untuk membuat artikel baru. Fungsi-fungsi di bawah adalah fungsi tingkat lanjut. Keep reading aja. Pasti bermanfaat.

Excerpt/ringkasan:
Excerpt merupakan deskripsi singkat dari artikel yang Anda buat. Beberapa themes memungkinkan untuk menampilkan excerpt. Hal ini akan kita pelajari pada artikel lain. Untuk sementara, kosongkan saja.

Send Trackbacks:
Fungsi ini berguna bila Anda membahas sesuatu yang berasal dari blog lain dan ingin pengunjung blog tersebut untuk mengetahui bahwa Anda membahas blog tersebut.

Custom Fields:
Merupakan suatu informasi yang ditambahkan ke dalam sebuah post. Fungsi ini biasanya digunakan oleh plugin.

Discussion:
Contreng ‘Allow comments in this post’ bila Anda ingin pengunjung dapat memberi komentar di post yang Anda buat. Contreng ‘Allow trackbacks and pingbacks on this post’ Bila Anda ingin mengaktifkan Trackback dan Pingback pada post ini.

-=-=-=-=-=-=-=-=-

Fungsi-fungsi yang terdapat di atas merupakan fungsi standar. Bila Anda menambahkan sebuah plugin, bisa jadi Anda akan menemukan fungsi tambahan.

Comments

  1. Reply

  2. Reply

  3. By mrzicko

    Reply

  4. By Wibowo T. Tunardy

    Reply

  5. By Aryes Novianto

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Must Readclose